20.55
0
Tata letak pabrik merupakan kajian yang fokus pada pengaturan unsur-unsur fisik di sebuah fasilitas pabrik yang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas. Unsur-unsur fisik yang dimaksud berupa mesin, peralatan, bangunan dan fasilitas yang lain. Pabrik yang dalam istilah asingnya dikenal sebagai factory atau plant adalah setiap tempat dimana faktor-faktor seperti :
  • Manusia
  • Mesin dan Peralatan (Fasilitas) Produksi Lainnya
  • Material
  • Energi
  • Uang (Modal/Kapital)
  • Informasi
  • Sumber Daya Alam (Tanah, Air, Mineral, dll)
Dikelola bersama-sama dalam suatu sistem produksi guna menghasilkan suatu produk atau jasa secara efektif, efisien dan aman. Istilah pabrik ini sering diartikan sama dengan industri, meski pun industri sebenaranya memiliki pengertian yang lebih luas. Pabrik pada dasarnya merupakan salah satu jenis industri yang terutama akan menghasilkan produk jadi (finished goods product). Seperti halnya yang dijumpai dalam industri manufaktur.
Permasalahan tata letak pabrik sangat menarik perhatian banyak pihak, bbaik mahasiswa maupun praktisi industri, karena terkait dengan dampak strategis bagi perusahaan. Tata letak pabrik menjadi permasalahan strategis karena menyangkut barang-barang investasi. Mesin dan peralatan teknologi tinggi bisa tidak memberikan nilai tambah apabila penempatanya tidak melalui analisis yang mendalam. Permasalahan tata letak pabrik merupakan persoalan yang kompleks, sehingga penyelesainnya harus melalui pendekatan sistem.


Daftar Pustaka

Wignjosoebroto Sritomo, 2003, Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Surabaya : Guna

           Widya.
Setiawan Heri, 2008, Tata Letak Pabrik, Yogyakarta : ANDI.
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar